Nestlé Research Center
Nestle Research Center di Lausanne, Switzerland, didukung
lebih dari 1000 ilmuwan dan doktor dari berbagai disiplin ilmu yang bekerja
sama untuk satu tujuan. Menghasilkan susu pertumbuhan terbaik untuk buah hati
Anda.
Di usia 1-5 tahun, anak melalui tahap pertumbuhan sebagai
berikut:
- Pertumbuhan
otak dan kepala hampir 95% dari ukuran orang dewasa
- Pertumbuhan
jaringan limfa yang berkaitan dengan fungsi kekebalan tubuh belum sempurna
Sesuai usia tumbuh kembangnya, buah hati Anda harus
mendapatkan nutrisi yang terbaik. Oleh karena itu, kami memastikan tiap tetes
DANCOW memberikan manfaat bagi pertumbuhan optimalnya.
Fakta Nutrisi
Produk susu DANCOW dengan formula lengkap, ditujukan untuk
memenuhi kebutuhan nutrisi anak, agar tepat seimbang di setiap tahap
pertumbuhannya. Produk tersebut adalah:
DANCOW Batita
Produk yang ditunjukan untuk anak usia 1-3 tahun ini
memiliki berbagai nutrisi terpadu: DHA, LA, ALA, Prebiotik, Lisin serta 26
Vitamin dan Mineral yang membantu batita Tumbuh, Aktif, dan Tanggap. Rasa
madunya sangat disukai anak.
DANCOW 1+
DANCOW 1+ kini dengan formula baru Lactobacillus PROTECTUS,
dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang, sesuai untuk tahap pertumbuhan si
Kecil yang berumur 1-3 tahun. DANCOW 1+ mengandung beberapa benefit:
1. PERLINDUNGAN
a. Lactobacillus
PROTECTUS, probiotik yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Probiotik
dalam Lactobacillus PROTECTUS adalah gabungan dari strain Lactobacillus
paracasei and Bifidobacterium longum. Gabungan ini didesain untuk mengkombinasi
manfaat yang saling melengkapi dari kedua jenis probiotik keluarga
bifidobacteria dan lactobacilli, yaitu membantu menjaga daya tahan tubuh, dan
juga membantu menjaga kesehatan saluran cerna.
b. PREBIO1,
yaitu merupakan prebiotik serat larut yang formulanya dipatenkan oleh Nestlé,
yang merupakan makanan untuk bakteri baik di saluran perncernaan, sehingga
dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna. Kombinasi L PROTECTUS
(Probiotik) dan PREBIO1 (Prebiotik) dapat bekerjasama membantu memberikan
perlindungan yang lebih baik bagi si Kecil.
c. Vitamin
C dan E, yang berguna sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel akibat
radikal bebas
2. PENTING
UNTUK OTAK
a. DHA,
yaitu asam lemak yang membantu perkembangan otak anak hingga umur 2 tahun.
Sampai usia 2 tahun tersebut merupakan ke masa periode perkembangan otak anak
yang sangat pesat, dimana pada saat itulah kebutuhan DHA benar-benar sangat
penting untuk membantu perkembangan otak.
b. LA (Linoleic
Acid/Omega 6) dan ALA (Alpha-Linolenic Acid/Omega 3) yang merupakan asam lemak
essensial prekursor AA dan DHA. Asam lemak essensial adalah asam lemak penting
yang tidak dapat dibuat tubuh dan hanya didapat dari makanan. Oleh tubuh asam
lemak essensial ini akan diproses dan diubah menjadi AA dan DHA.
3. PERKEMBANGAN
DAN PERTUMBUHAN
a. Mengandung
26 Vitamin dan Mineral (dilengkapi juga dengan Taurin) untuk membantu
perkembangan dan pertumbuhan si Kecil
Mengandung Lactobacillus PROTECTUS, Prebiotik, dan DHA
Produk yang ditujukan untuk anak usia 1-3 tahun ini memiliki
keunggulan sebagai berikut:
1. Memberikan
perlindungan menyeluruh
Lactobacillus PROTECTUS yang terkandung di dalam susu ini
bermanfaat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Sementara PREBIO1,
membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kombinasi keduanya dapat bekerja
sama membantu memberikan perlindungan yang lebih optimal. Susu ini juga
dilengkapi dengan Vitamin C dan E sebagai antioksidan.
2. Penting
untuk otak
Mengandung DHA serta Asam Lemak Esensial LA (Omega 6) dan
ALA (Omega 3) – prekursor AA dan DHA yang penting untuk otak.
3. Membantu
pertumbuhan
Mengandung 26 vitamin dan mineral untuk membantu pertumbuhan
dan perkembangan anak.
DANCOW 3+
Saat si Kecil menginjak usia 3 tahun, di samping asyik
bermain dengan kreativitasnya, dia juga mulai bersosialisasi dengan lingkungan
luar rumah, berkenalan dengan teman-teman baru, dan sadar akan keberadaannya
sebagai bagian dari sebuah lingkungan sosial. Maka itu, penting bagi Anda untuk
mempersiapkannya agar tumbuh menjadi si Cerdas yang sepenuhnya. Artinya, tak
hanya pintar pikiran, tapi juga tahu cara mengungkapkan pintarnya dengan hati.
Jadi si Kecil memang masih membutuhkan nutrisi otak, namun juga perlu didukung
dengan nutrisi perlindungan untuk membantu menjaga daya tahan tubuhnya.
DANCOW 3+ kini dengan formula baru Lactobacillus PROTECTUS,
dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang, sesuai untuk tahap pertumbuhan si
Kecil yang berumur 3-6 tahun. DANCOW 1+ mengandung beberapa benefit:
1. NUTRISI
UNTUK OTAK
a. Mengandung
DHA,
b. Mengandung
LA (Linoleic Acid/Omega 6) dan ALA (Alpha-Linolenic Acid/Omega 3) yang merupakan asam lemak essensial prekursor AA dan DHA. Asam lemak essensial
adalah asam lemak penting yang tidak dapat dibuat tubuh dan hanya didapat dari
makanan. Oleh tubuh asam lemak essensial ini akan diproses dan diubah menjadi
AA dan DHA.
2. PERLINDUNGAN
a. Lactobacillus
PROTECTUS, probiotik yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Probiotik
dalam Lactobacillus PROTECTUS adalah gabungan dari strain Lactobacillus
paracasei and Bifidobacterium longum. Gabungan ini didesain untuk mengkombinasi
manfaat yang saling melengkapi dari kedua jenis probiotik keluarga
bifidobacteria dan lactobacilli, yaitu membantu menjaga daya tahan tubuh, dan
juga membantu menjaga kesehatan saluran cerna.
b. PREBIO3,
yaitu merupakan prebiotik serat larut yang formulanya dipatenkan oleh Nestlé,
yang merupakan makanan untuk bakteri baik di saluran pencernaan, sehingga dapat
membantu menjaga kesehatan saluran cerna.
Kombinasi L PROTECTUS (Probiotik) dan PREBIO3 (Prebiotik)
dapat bekerjasama membantu memberikan perlindungan yang lebih baik bagi si
Kecil.
3. PERKEMBANGAN
DAN PERTUMBUHAN
a. KALSIUM
Tinggi, untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. 2 gelas sehari DANCOW 3+
dapat memenuhi 100% kebutuhan harian si Kecil
b. Mengandung
26 Vitamin dan Mineral (dilengkapi juga dengan Taurin) untuk membantu
perkembangan dan pertumbuhan si Kecil
Mengandung Lactobacillus PROTECTUS, Prebiotik, dan DHA
Produk yang ditujukan untuk anak usia 3-5 tahun ini memiliki
keunggulan sebagai berikut:
1. Penting
untuk otak
Mengandung DHA serta Asam Lemak Esensial LA (Omega 6) dan
ALA (Omega 3) – prekursor AA dan DHA yang penting untuk otak.
2. Memberikan
perlindungan menyeluruh
Mengandung Lactobacillus PROTECTUS untuk membantu menjaga
daya tahan tubuh dan PREBIO3™ untuk membantu menjaga kesehatan saluran
pencernaan. Kombinasi keduanya dapat bekerjasama membantu memberikan
perlindungan yang lebih optimal.
3. Membantu
pertumbuhan
Kalsium tinggi: penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.
Dua gelas susu DANCOW 3+ sehari dapat memenuhi 100% kebutuhan harian kalsium
anak. Selain itu, susu ini juga mengandung 26 vitamin dan mineral untuk
membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.
DANCOW 5+
Usia 5 tahun adalah saat anak mulai memasuki usia sekolah.
Dibutuhkan nutrisi yang tepat untuk menjaga stamina dan mendukung segala
aktivitasnya. DANCOW 5+ dengan Lactobacillus PROTECTUSTM dapat membantu
menjaga daya tahan tubuh. Kini hadir dalam kemasan baru dan lebih banyak
manfaatnya untuk membantu memberikan perlindungan.
Disamping perlindungan, DANCOW 5+ juga mengandung nutrisi
penting lain untuk membantu pertumbuhan anak usia sekolah secara optimal dalam
jumlah yang tepat dan komposisi seimbang, seperti
• Calci-N,
kalsium susu yang membantu kepadatan tulang dan gigi, sangat penting untuk
pertumbuhan anak.
• DHA, LA
(Linoleic acid/EFA Linoleat) dan ALA (alpha linolenic acid/EFA Linolenat)
sebagai prekursor AA dan DHA dengan perbandingan seimbang yang penting untuk
pertumbuhan.
DANCOW 5+ adalah bekal persiapan masuk sekolah yang pas
untuk menjaga stamina dan meningkatkan pertumbuhan buah hati Anda.
Mengandung Lactobacillus PROTECTUS, Calci-N, dan DHA
Produk yang ditujukan untuk anak usia 5-12 tahun ini
memiliki keunggulan sebagai berikut:
1. Memberikan
perlindungan menyeluruh
Mengandung Lactobacillus PROTECTUS untuk membantu menjaga
daya tahan tubuh.
2. Membantu
pertumbuhan
Mengandung Calci-N yang mudah diserap oleh tubuh dan
penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Dua gelas susu DANCOW 5+ sehari
dapat memenuhi 100% kebutuhan harian kalsium anak. Selain itu, susu ini juga
mengandung 26 vitamin dan mineral untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan
anak.
3. Penting
untuk otak
Mengandung DHA serta Asam Lemak Esensial LA (Omega 6) dan
ALA (Omega 3) – prekursor AA dan DHA yang penting untuk otak.
DANCOW Instant Enriched
DANCOW Instant Enriched adalah susu yang diperkaya dengan
vitamin dan mineral tertentu yang mendukung 10 Tanda Umum Anak Bergizi Baik,
diantaranya Zat besi, Kalsium, Zink, Vit C, Vit A, Vit B1, Vit B2, Niasin, Vit
B6, Vit B9 (Asam Folat), Vit D, Vit E, Vit K, dan Biotin.
- Zat besi
yang membantu meningkatkan kapasitas belajar anak. Zat besi juga membantu
pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia
- Kalsium
yang membantu pertumbuhan tulang anak dan menjaga kepadatan tulang – 2 gelas
memenuhi 100% kebutuhan kalsium harian (berdasarkan AKG 2000 kkal)
- Zink,
untuk sistem kekebalan tubuh
- Vit C,
berperan sebagai antioksidan yang bekerja dengan antioksidan lain terutama Vit
E, kekurangan vit C mengakibatkan penyakit scorbut (kulit mudah lecet dan
berdarah, gigi goyah dan gusi berdarah, nyeri persendian dan rentan terhadap
infeksi)
- Vit A,
membantu mempertahankan lapisan permukaan atau (mukosa) antara lain mukosa mata
- Vit B1,
berperan sebagai ko enzim perubahan karbohidrat menjadi energi, kekurangan Vit
B1 akan menyebabkan penyakit beri-beri
- Vit B2,
membantu menjaga kesehatan mukosa antara lain mukosa pernafasan, pencernaan,
terutama jika digunakan bersamaan dengan Vit A , kekurangan Vit B2
mengakibatkan sudut bibir pecah-pecah, lidah merah dan bengkak
- Niasin,
berfungsi sebagai bagian enzim yang terlibat dalam pelepasan energi, kekurangan
vit ini akan menyebabkan Pelagra à diare, dermatitis, dementia, dan kematian
- Vit B6,
membantu metabolisme sel darah merah, sistem syaraf dan sistem imunitas.
Kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan dermatitis sekitar mata, alis dan
sudut bibir
- Vit B9
(Asam Folat) , berfungsi sebagai ko enzim yang terlibat dalam perubahan asam
amino, berperan dalam sel-sel yang membelah dengan cepat à sel darah merah,
kekurangan asam folat menyebabkan anemia makrositik
- Vit D,
berperan dalam metabolisme kalsium dan fosfor, kekurangan vit D mengakibatkan
penurunan penyerapan kalsium
- Vit E,
berfungsi sebagai zat anti oksidasi, Vit E menangkap gugus bebas sehingga tidak
dapat bereaksi
- Vit K,
berperan dalam pembekuan darah, juga penting untuk mineralisasi tulang karena
diperlukan untuk fungsi protein pengikat kalsium
- Biotin,
kekurangan biotin menyebabkan gejala-gejala antara lain; kurang nafsu makan,
mual, malas dan kerontokan rambut
Selain itu DANCOW Instant Enriched dengan Growth Plus
Formula juga mengandung makro nutrien dan mikro nutrien umtuk pertumbuhan
optimal anak, yaitu:
- Protein
yang membantu pertumbuhan sel otot anak, juga berfungsi sebagai zat pengatur
seperti enzim, hormon dan hemoglobin
- Zat besi
yang membantu meningkatkan kapasitas belajar anak. Zat besi juga membantu
pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia
- Kalsium
yang membantu pertumbuhan tulang anak dan menjaga kepadatan tulang – 2 gelas
memenuhi 100% kebutuhan kalsium harian (berdasarkan AKG 2000 kkal)
- Zink,
untuk sistem kekebalan tubuh
DANCOW Strawberry
Susu dan buah-buahan, adalah sumber nutrisi utama yang
dibutuhkan anak-anak untuk tumbuh sehat dan kuat. Kini Anda dapat memberikan
mereka segala kebaikan susu dan buah dalam DANCOW Fruity.
DANCOW Fruity adalah susu dengan buah asli dan mengandung
makronutrien dan mikronutrien yang membantu pertumbuhan optimal anak-anak.
Bubuk buah aslinya menjadikan minum susu saat menyenangkan bagi anak-anak.
Ekspresikan kasih sayang Anda pada putra-putri Anda dengan
DANCOW Fruity. Tersedia dalam kemasan kotak berukuran 400 gr. Rasanya pasti
akan disukai oleh anak-anak terutama yang berusia 6 tahun ke atas.
*Produk ini tidak cocok untuk bayi berusia di bawah 1 tahun.
Perhatikan selalu bahan-bahan yang tercantum dalam setiap kemasan dan
konsultasikanlah dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi produk-produk
tertentu.
DANCOW Coklat
DANCOW Instant Coklat dengan Growth+ formula mengandung
nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan anak 1-12 tahun secara optimal.
Protein yang membantu pertumbuhan sel otot. Yodium dan zat
besi yang membantu meningkatkan kapasitas belajar. Zink untuk membantu menjaga
kondisi tubuh. Selain itu juga kaya akan kalsium untuk pertumbuhan dan
kepadatan tulang. 2 gelas DANCOW Instant Coklat memenuhi 100% kebutuhan kalsium
harian buah hati Anda (AKG 2000 kkal).
Dengan rasa coklat yang lebih lezat dan langsung larut dalam
air matang dingin, Nestle DANCOW Instant Coklat pasti disukai putra-putri Anda!
DANCOW Fullcream
DANCOW Fullcream …susu bergizi tinggi untuk seluruh
keluarga Anda dengan rasa gurihnya yang khas.
DANCOW Fullcream …mudah membuatnya dan juga sangat bergizi.
Tidak hanya baik untuk buah hati Anda, tapi juga baik untuk seluruh keluarga,
termasuk Anda. Rasanya lezat dan gurih, terbuat dari susu sapi, mengandung
berbagai vitamin dan mineral penting, terutama kalsium dan zat besi yang baik
untuk pembentukan tulang dan gigi serta pembentukan sel darah merah.
*Produk ini tidak cocok untuk bayi berusia di bawah 1 tahun.
Perhatikan selalu bahan-bahan yang tercantum dalam setiap kemasan dan
konsultasikanlah dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi produk-produk
tertentu.
SEGMENTASI PASAR Nestle Dancow
Komitmen Nestle mengembangkan industri susu di Tanah Air
memang tidak main-main. Seperti terlihat dari upaya pengembangan Dancow, Nestle
menggiatkan seluruh aspek pemasaran secara terpadu, mulai dari iklan, promosi,
distribusi, sampling, gimmick berupa buku cerita, mainan anak-anak, hingga
layanan customer service yang siap membantu keluhan konsumen. Itu sebabnya,
selama lima kali survei kepuasan pelanggan dilakukan, Dancow selalu terdepan.
Baru tahun ini, Dancow kalah tipis dari Anlene (PT New Zealand Milk Indonesia).
Meskipun tahun 2003 Dancow kalah, ia termasuk merek the best
of the best, karena berhasil secara konsisten mempertahankan kepuasan
pelanggan. Keberhasilan ini istimewa, mengingat pergulatan industri susu dalam
lima tahun terakhir sangat ketat. Diakui Arijanto Notorahardjo, Innovation and
Renovation Driver Dancow All Family PT Nestle Indonesia Tbk., terjadi
persaingan sangat ketat akibat perubahan pasar yang sangat signifikan. Kini,
pasar susu dibagi tiga kategori: susu cair (langsung diminum), susu bubuk untuk
anak-anak dan keluarga, serta susu bubuk untuk dewasa.
Pembagian susu bubuk masih dipecah lagi menjadi susu bubuk
pertumbuhan (growing up milk) dan regular milk. Pada anak-anak, segmentasinya
semakin terurai berlapis-lapis: untuk usia 1-3 tahun, 3-6 tahun, dan 6 tahun ke
atas.
Melihat situasi pasar yang sedemikian itu, Nestle mencoba
mengendalikan diri dengan secara terus-menerus melakukan inovasi dan renovasi
dengan dukungan divisi penelitian dan pengembangannya. Melalui survei consumer
insight diperoleh masukan dan harapan konsumen yang terus berkembang. “Berbekal
temuan itu, Nestle berusaha mencari, mengembangkan dan memberikan produk-produk
berkualitas dan terbaik yang bisa menjawab kebutuhan konsumen,” Ariyanto
menandaskan.
Menurut Ariyanto, inovasi yang dikembangkan pihaknya tidak
hanya dari segi produk, melainkan dari sisi komunikasi, harga dan kemasan.
“Dari segi harga, misalnya, Nestle berusaha memenuhi kebutuhan berbagai segmen
masyarakat dengan harga yang terjangkau,” ujar Ariyanto yang mencoba
menciptakan ukuran kemasan kecil, agar terjangkau lapisan masyarakat
seluas-luasnya.
Seiring adanya kemasan kecil itu, Nestle memperbesar
ketersediaannya di pasar — pasar modern hingga pasar becek. Untuk itu,
dijelaskan Ariyanto, Nestle memang harus mengubah strategi distribusi yang
intinya dapat terjalin kerja sama saling menguntungkan dengan distributor dan
pemilik toko.
Nestle juga menyelenggarakann Nestle Consumer Service
Center, yakni pusat layanan konsumen. Selain itu, dibuka pula situs Sahabat
Nestle yang menjadi wadah interaksi antara Nestle dengan konsumen dan
antarsesama konsumen.
Berbagai upaya edukasi dan komunikasi kepada konsumen
tersebut, tidak mengurangi anggaran belanja iklan Dancow yang setiap tahun
terus menanjak. Data Nielsen Media Research menyebutkan, belanja iklan Dancow
tahun 2002 senilai Rp 9,52 miliar. Tahun ini (hingga Juli) sudah mencapai Rp
10,68 miliar, dengan penempatan media terbesar di televisi. Artinya, setidaknya
terjadi kenaikan belanja iklan 30% lebih, jika dihitung sampai akhir 2003.
Himawan Wijanarko, General Manager Strategic Partner The
Jakarta Consulting Group menilai, terdapat hal yang unik di kategori susu,
karena pasar yang sudah matang dan fragmentasi pasar berlangsung ketat.
Sehingga, jika bicara mengenai kategori susu, terbentang puluhan varian susu di
depan mata. Mulai dari susu segar seperti Ultra, Bendera, Indomilk, susu olahan
(bubuk, kental manis, krimer), lalu susu formula (bayi sampai 6 bulan), susu
lanjutan (7-12 bulan), dan susu pertumbuhan. Kemudian, ada pula susu khusus,
seperti susu ibu hamil (Prenamil, Prenagen, Sustagen Mama), kaya kalsium
(Anlene, Produgen, Calcimec), pembentuk tubuh (L-Men), rendah kalori, dan
banyak lagi. Susu formula itu pun masih terbagi lagi, misalnya, rendah lemah,
soya, untuk bayi prematur, dan lain-lain.
Jadi, betapa sulitnya menentukan kategori produk susu umum,
karena jika melihat kenyataan komunikasi pemasaran mereka (Dancow, Bendera,
Indomilk) selalu terkait dengan anak-anak. Artinya, walaupun kategorisasinya
sebagai susu umum, kenyataannya dikomunikasikan sebagai susu pertumbuhan.
Himawan menduga, munculnya berbagai kategori susu tersebut
akibat pemahaman perilaku konsumen di Indonesia. Misalnya, minum susu bukan
budaya kebanyakan orang dewasa Indonesia, sehingga perlu kategori baru dan
edukasi baru untuk memperbesar tingkat konsumsi susu.
Demikian pula pada anak-anak, hampir semua produsen susu
sengaja memecah segmen pasarnya hingga berkeping-keping. Dancow sengaja dipecah
menjadi Dancow 1+ dan 3 +. Lalu, Susu Bendera dengan mengeluarkan Bendera 123
dan 456. Atau, Sari Husada yang juga menerbitkan SGM 2 (follow on), SGM 3 (1-4
th), dan SGM 4 (4 th ke atas). Semua itu terlihat sebagai upaya lebih
berorientasi pasar ketimbang hanya memilah berdasarkan bentuk dan rasa: full
cream, instan dan cokelat.
Apa pun alasannya, dengan munculnya pesaing-pesaing baru,
Dancow masih teratas karena berhasil menancapkan mereknya kuat-kuat di benak
masyarakat. Setidaknya di mata para orang tua, pengambil keputusan dalam pembelian,
Himawan melihat, Dancow cukup memuaskan. Kepuasan pelanggan lebih pada perannya
sebagai decider dan buyer, bukan user-nya (anak-anak).
Dalam konteks seperti ini kekuatan komunikasi pemasaran amat
menentukan, ketimbang produk itu sendiri. Apalagi, Dancow berhasil menawarkan
atribut yang dapat menaikkan citra mereknya, yakni mengasosiasikan diri dengan
pendidikan, kecerdasan atau ilmu pengetahuan. Ditunjang oleh kegiatan marketing
PR, di antaranya mengisi program tentang pengetahuan di teve atau membagi
hadiah VCD ilmu pengetahuan, membuat Dancow berbeda dari merek susu lain.
“Komunikasi yang gencar dan efektif inilah sebenarnya yang menentukan kinerja
mereknya,” Himawan menjelaskan.
Selain itu, seperti merek susu lain, Dancow juga menjual
kandungannya, seperti: Prebio 1, yang diklaim membantu pencernaan lewat
kandungan prebiotik frukto oligo sakarida, atau kandungan DHA, Omega 3/asam
linolenat, Omega 6/asam linoeat, taurin dan frukto oligo sakarida, dan
sebagainya, sebagai diferensiasi yang membedakan dari para pesaingnya.
Menurut Himawan, kepuasan pelanggan tercipta ketika harapan
pelanggan terpenuhi. Ketika ditemui bahwa harapan pelanggan terhadap produk
susu relatif sama, pemasar dapat berkreasi untuk menaikkan aspirasi dengan
menciptakan atribut baru, yang hanya dapat dipenuhi oleh mereknya, sebagai
augmented product. Kepuasan terhadap Dancow juga mungkin terbentuk dari layanan
yang menyertai produk, seperti ketersediaan produk dan stabilitas harga. Citra
yang terbentuk dari komunikasi pemasaran efektif inilah yang dapat meningkatkan
kepuasan pelanggan.