Thursday, December 23, 2010

tanggung jawab

Manusia dan tanggung jawab

A.pengertian

Tanggung jawab ,menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala  sesuatunya,sehingga bertanggung jawab menurut segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.adapun tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku yang disengaja ataupun tidak dengan perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Seseorang akan bertanggung jawab karena ada kesadaran atau keinsafan atau pengertian segala perbuatan dan akibatnya dan atas kepentingan pihak lain.timbulnya tanggung jawab itu karena manusia hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam,jadi manusi tidak boleh berbuat semaunya terhadap manusia lain atau alam lingkungan.
Tanggung jawab itu bersifat kodrati,artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia,bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab.apabila ia tidak mau bertanggung jawab maka ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab itu.yaitu sisi pihak yang berbuat baik dari sisi kepentingan pihak lain.
Apabila dikaji tanggung jawab itu adalah kewajiban atau beban yang harus dipikul sebagai akibat dari pihak yang berbuat  atau sebagai akibat dari perbuatan lain.
Tanggung jawab dapat dibilang sebagai cirri manusia yang beradap atau berbudaya.manusia merasa betanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatanya itu.untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaran bertanggung jawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan,penyuluhan,keteladanan,dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

B.MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab dapat dibedakan menjadi beberapa macam  menurut keadan manusia atau hubungan yang dibuatnya.atas dasar ini lalu dikenal tanggung jawab yaitu :

a)      Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk  memenuhi kewajibanya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.Dengan demikian bisamemechkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri. Menurut sifat dasarnya manusia adalah mahluk bermoral,tapi manusia juga seorang pribadi.

b)      Tanggung jawab terhadap keluarga

Keluarga merupakan masyarakat kecil.keluarga terdiri dari suami-istri,ayah-ibu dan anak-anak dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawabini menyangkut nama baik keluarga,tetapi taggung jawab juga merupakan kesejahteraan,keselamatan,pendidikan,dan kehidupan.

c)      Tanggung jawab terhadap masyarakat

Pada hakekatnya manusi tidak bias hidup tanpa bantuan manusia lain,sesuai dengan kedudukannya sebagai mahluk social. Karena membutuhkan manusia lain maka ia harus  berkomunikasi dengan manusia lain tersebu.sehingga dengan demikian manusia disini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat lain agr dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut.

d)      Tanggung jawab terhadap Bangsa dan Negara

Suatu kenyataan lagi bahwa manusia,tiap individu adalah warga Negara suatu Negara,dalam berpikir,berbuat,bertindak,bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh Negara,manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri.bila perbuatan manusia itu salah,maka harus betanggung jawab kepada Negara.

e)      Tanggung jawab terhadap tuhan

Tuhan menciptakan manusia dibumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya,manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadapt Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bias lepas dari hukuman-hukuman tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama.pelanggaran dari hukuman-hukuman tersebut akan segera diperingatkan oleh Tuhan dan jika dengan peringatan yang keraspun manusia masih juga tidak menghiraukan maka Tuhan akan melakukan kutukan.sebab dengan mengabaikan perintah-perintah Tuhan berarti mereka meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan manusia terhadap Tuhan sebagai penciptanya.

C.PENGABDIAN DAN PENGORBANAN

Wujud tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan.pengabdian dan pengorbanan adalah bukti perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri.
a)      Pengabdian

Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan,cinta,kasih sayag,hormat,atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas.
Pengabdian itu pada hakikatnya adalah rasa tanggung jawab. Apabila orang berkerja keras sehari penuh untuk mencukupi kebutuhan,hal itu berarti mengabdi kepada keluarga.


b)      Pengorbanan
Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan,sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan yang tidak mengandung pamrih.Suatu pemberian yang berdasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata.  

No comments:

Post a Comment