Tuesday, October 23, 2012

PERSAINGAN SUSU PADA PRODUK DANCOW, INDOMILK DAN BENDERA


Merek sebagai salah satu atribut dari produk yang berfungsi sebagai pembeda antara produk yang satu dengan produk yang lainnya. Merek juga merupakan janji perusahaan untuk secara konsisten memberikan features, benefits, dan services kepada para pelanggan. Setiap perusahaan ingin membangun ekuitas merek yang kuat karena hanya produk-produk yang memiliki ekuitas kuat yang akan tetap mampu bersaing, merebut, dan menguasai pasar. Ekuitas merek sangat berperan dalam memberikan nilai kepada pelanggan dan perusahaan. Semakin kuat ekuitas merek suatu produk, semakin kuat pula daya tariknya di mata konsumen untuk mengkonsumsi produk tersebut yang selanjutnya dapat membuat konsumen untuk melakukan pembelian serta dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan dari waktu ke waktu. Ekuitas merek dapat dilihat dari 8 komponen yaitu top of mind brand, top of mind advertising, overall satisfaction, brand loyalty, brand used most often, brand perceived quality, best brand dan brand share. Dengan memiliki ekuitas merek yang kuat maka akan dicapai ekuitas perusahaan untuk memenangkan persaingan yang kompetitif dalam era globalisasi seperti sekarang.

Informasi tentang ekuitas merek saat ini menjadi sangat penting. Masalah yang muncul adalah sulitnya mengetahui komponen-komponen apa yang dominan dalam membentuk ekuitas merek produk susu bubuk dan bagaimana kontribusi masing-masing komponen terhadap kekuatan atau ekuitas merek tersebut. Melalui informasi ini maka perusahaan dapat lebih mudah dalam merancang strategi perusahannya, khususnya dalam meningkatkan ekuitas mereknya.

Dari hasil analisis top of mind brand dapat diketahui bahwa susu bubuk merek Dancow merupakan merek yang paling banyak diingat pertama kali oleh responden. Dengan kata lain merek Dancow menduduki peringkat top of mind brand. Hasil analisis top of mind advertising menunjukkan bahwa iklan susu bubuk merek Dancow merupakan iklan yang banyak diingat pertama kali oleh responden, sehingga merek Dancow merupakan top of mind advertising susu bubuk
Dancow memiliki brand share terbesar, kedua susu Bendera, dan ketiga susu Indomilk. Dari hasil analisis perceived quality dapat diketahui bahwa Dancow merupakan merek susu yang dipersepsikan paling baik.

2 comments: