Monday, December 3, 2012

BAB 2

                                                  LANDASAN TEORITIS

MARKETING MIX
Teori ini dikembangkan oleh J. Mc Carthy. Marketing Mix memiliki empat elemen, yang terkenal dengan sebutan 4P yang terdiri atas:
1. Product
2. Price
3. Place
4. Promotion

Karena pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P yang selanjutnya adalah People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik), Process (Proses).
  1. Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns. Ini harus memberikan nilai bagi pelanggan tetapi tidak harus nyata pada waktu yang sama. Pada dasarnya, melibatkan memperkenalkan produk baru atau improvisasi produk yang ada.
  2. Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price. Harga harus kompetitif dan harus memerlukan keuntungan. Strategi harga dapat terdiri dari diskon, menawarkan dan sejenisnya.
  3. Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.Hal ini mengacu pada tempat dimana pelanggan dapat membeli produk dan bagaimana produk yang menjangkau ke tempat itu. Hal ini dilakukan melalui saluran yang berbeda,seperti Internet, grosirdan pengecer.
  4. Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing. Ini mencakup berbagai cara berkomunikasi kepada pelanggan dari apa yang perusahaan yang ditawarkan. Ini tentang berkomunikasi tentang manfaat menggunakan produk atau jasa tertentu.
  5. People, yaitu orang mengacu pada pelanggan, karyawan, manajemen dan semua orang yang terlibat di dalamnya. Hal ini penting bagi setiap orang untuk menyadari bahwa reputasi dari merek yang Anda terlibat dengan adalah di tangan rakyat.
  6. Process, hal ini mengacu pada metode dan proses yang menyediakan layanan dan karenanya penting untuk memiliki pengetahuan yang menyeluruh pada apakah layanan yang membantu pelanggan, jika mereka diberikan dalam waktu, jika pelanggan informasi di tangan tentang layanan dan hal seperti itu.
  7. Physical Evidence, hal ini mengacu pada pengalaman menggunakan produk atau jasa. Ketika layanan keluar untuk pelanggan, adalah penting bahwa Anda membantu dia melihat apa yang dia membeli atau tidak. Sebagai contoh-brosur, pamflet dll melayani tujuan ini.
Promotion Mix / Bauran Promosi
Bauran promosi merupakan gabugan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Sebelum melakukan prmosi sebaiknya dilakukan perencanaan matang yang mencakup bauran promosi sebagai berikut :
  • Periklanan: Semua bentuk penyajian dan promosi nonpersonal atas ide, barang atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan sponsor tertentu.
  • Promosi Penjualan: Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa.
  • Hubungan masyarakat dan publisitas: Berbagai program untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau masing-masing produknya.
  • Penjualan pribadi: Interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih guna melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesanan.
  • Pemasaran langsung: Penggunaan surat, telepon, faksimil, e-mail,dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara langsung atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan dan calon pelanggan tertentu.

No comments:

Post a Comment