Monday, December 3, 2012

Jenis-jenis Kepribadian Manusia Menurut Para Ahli

Tipologi adalah ilmu watak golongan-golongan menurut tipe, corak watak masing-masing . Pemikiran sering diartikan sebagai produk pikir yang secara sadar dan tegas . Pembaruan merupakan proses cara perbuatan membarui.
1. Tipe Kepribadian Sanguinis
Tipe ini paling baik dalam hal berurusan dengan orang lain secara antusias; menyatakan pemikiran dengan penuh gairah; memperlihatkan perhatian. Kelemahan tipe ini adalah berbicara terlalu banyak; mementingkan diri sendiri; sulit berkonsentrasi; kurang disiplin. Orang dengan tipe kepribadian Sanguinis cenderung hangat (warm-hearted), ceria, optimis, PD, namun juga egois. Sedangkan orang Phlegmatis adalah mereka yang punya lebih banyak kadar lendir dalam tubuh
2. Tipe Kepribadian Melankolis
Tipe ini paling baik dalam hal mengurus perincian dan pemikiran secara mendalam, memelihara catatan, bagan dan grafik; menganalisis masyarakat yang terlalu sulit bagi orang lain. Kelemahan tipe ini adalah mudah tertekan; menunda – nunda suatu pekerjaan; mempunyai citra diri yang rendah; mengajukan tuntutan yang tidak realistis pada orang lain. Orang dengan tipe kepribadian melankolis cenderung lebih mudah sedih dan depresi (mood-nya lebih gloomy), artistik dan puitis.
3. Tipe Kepribadian Koleris
Tipe ini paling baik dalam hal pekerjaan yang memerlukan keputusan cepat; persoalan yang memerlukan tindakan dan pencapaian seketika; bidang-bidang yang menuntut kontrol dan wewenang yang kuat. Kelemahan tipe ini adalah tidak tahu bagaimana cara menangani orang lain; sulit mengakui kesalahan; sulit bersikap sabar; terlalu pekerja keras.
Orang dengan tipe kepribadian ini cenderung tenang, cool, rasional, dan konsisten namun juga lamban dan pemalu. Orang Koleris adalah mereka yang punya kadar cairan empedu lebih banyak dalam tubuh. Karakteristik orang Koleris menurut Galen adalah bersemangat, antusias, enerjik, dan passionate. Terakhir, orang Melankolis adalah mereka yang punya kadar black bile lebih banyak dalam tubuh.
4. Tipe Kepribadian Phlegmatis
Tipe ini paling baik dalam posisi penengahan dan persatuan; badai yang perlu diredakan; rutinitas yang terus membosankan bagi orang lain. Kelemahan tipe ini adalah kurang antusias; malas; tidak berpendirian; sering mengalami perasaan sangat khawatir, sedih dan gelisah.

Tipe Manusia Menurut Kresschmerr
Kretschmer seorang doktor jiwa berkebangsaan jerman,dari pengalaman-pengalamannya selama bekerja,ia menyimpulkan bahwa ada hubungan yang erat antara bentuk tubuh dengan sifat temperamen seseorang.
Tipologi yang dikemukakannya ada dua yang meliputi tipologi berdasar konstitusi fisik dan tipologi berdasar konstitusi Psikis. Tipologi berdasar konstitusi fisik ada 4 sedangkan tipologi berdasar konstitusi psikis ada 2. Antara tipologi fisik dan psikis ini memiliki hubungan yang erat satu sama lain.
Tipologi berdasar konstitusi fisik

Tipe Piknis

Ciri – ciri khas tipe
  1. Tanda kepala agak menunduk ,bahu ,muka agak pucat
  2. Badan agak pendek
  3. Dada membulat, perut besar, bahu tidak lebar
  4. Leher pendek dan kuat
  5. Lengan dan kaki lemah
  6. Kepala agak “merosot” ke muka diantara keuda bahu, sehingga bagian atas dari tulang      punggung kelihatan sedikit melengkung
  7. Banyak lemak, sehingga urat-urat dan tulang-tulang tak kelihatan nyata

Type ini memperoleh bentuknya yang nyata setelah orang berumur 40 tahun
Sifat-sifat khas tipe
  1. Sifat suka curiga pada orang lain ,tidak lekas percaya pada orang lain
  2. Solusi harus menimbulkan simpati dengan pembuktian bila perlu.


Tipe Leptosom (Kurus)
Orang yang bertype leptosom ukuran-ukuran menegaknya lebih dari keadaan biasa, sehingga orangnya kelihatan tinggi jangkung
Ciri – ciri khas type ini ialah:
  1. Tanda badan kurus tinggi, tulang tangan dan kaki panjang dan kurus dada sempit
  2. Badan langsing/kurus, jangkung
  3. Perut kecil, bahu sempit
  4. Lengan dan kaki lurus
  5. Tengkorak agak kecil, tulang-tulang di bagian muka kelihatan jelas
  6. Buka bulat telurberat relatif kurang
Sifat-sifat khas tipe
  1. Sifat suka murung dan kurang terbuka
  2. Solusi harus sabar, pertanyaan harus lincah


Tipe Atletis
Pada orang yang bertype atletis ukuran-ukuran tubuh yang menegak dan mendatar dalam perbandingan yang seimbang, sehingga tubuh kelihatan selaras type mini dapat dipandang sebagai sintesis dari type piknis dan type leptoson.
Ciri – ciri khas type ini ialah:
  1. Tanda dada lebar , kaki kuat
  2. Muka terbuka tulang-tulang serta otot dan kulit kuat
  3. Badan kokoh dan tegap
  4. Tinggi cukupan
  5. Bahu lebar dan kuat
  6. Perut kuat
  7. Panggul dan kaki kuat dalam perbandingan dengan bahu dan kelihatan agak kecil
  8. Tengkorak cukup besar dan kuat, kepala dan leher tegak muka bulat telur, lebih pendek dari tipe lepsotom

Sifat-sifat khas tipe
  1. Sifat orang nya sabar ,terbuka ,cerdik
  2. Solusi harus menguasai UU / peraturan yang berlaku karena terdapat adu argumentasi.


Tipe Bulat
  1. Tanda dada lebar ,kaki kuat ,muka terbuka
  2. Sifat biasanya kurang di siplin dan kurang teratur hidupnya
  3. Solusi harus siap dengan paraphrasing agar informasi sistemis dan terara

Tipe Gemuk
  1. Tanda badan gemuk ,gerak lamban ,kurang lincah ,muka bulat ,hidung pesek besar,mulut lebar,bibir tebal ,sehingga keseluruhannya bulat seperti bola
  2. Sifat ramah ,humoris ,senang bicara dan tertawa
  3. Solusi tidak kesulitan tetapi harus terarah biasanya kalau tidak terarah habis waktu.

Kepribadian dan Watak Manusia Menurut William Sheldon
Sheldon membagi tipe kepribadian berdasarkan dominasi lapisan yang berada dalam tubuh seseorang. Berdasarkan aspek ini, dia membagi tipe kepribadian menjadi tiga:
1. Ektomorph
Tipe orang yang berbadan kurus tinggi, karena lapisan badan bagian luar yang dominan. Sifatnya antara lain suka menyendiri dan kurang bergaul dengan lingkungan masyarakatnya.

2. Mesomorph
Tipe orang yang berbadan sedang, dikarenakan lapisan badan bagian tengah yang dominan. Sifat orang tipe ini antara lain giat bekerja dan mampu mengatasi sifat agresif.

3. Endomorph
Tipe orang yang memiliki bentuk badan gemuk, bulat, dan anggota tubuh yang pendek karena lapisan badan bagian dalam yang dominan. Sifat yang dimilikinya antara lain kurang cerdas, senang makan, suka dengan kemudahan, dan tidak banyak mengambil resiko dalam kehidupan.

Tipe – tipa Pribadi :
Tipe 1 perfeksionis
Orang dengan tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk hidup dengan benar, memperbaiki diri sendiri dan orang lain dan menghindari marah.
Tipe 2 penolong
Tipe kedua dimotivasi oleh kebutuhan untuk dicintai dan dihargai, mengekspresikan perasaan positif pada orang lain, dan menghindari kesan membutuhkan.
Tipe 3 pengejar prestasi
Para pengejar prestasi termotivasi oleh kebutuhan untuk menjadi orang yang produktif, meraih kesuksesan, dan terhindar dari kegagalan.
Tipe 4 romantis
Orang tipe romantis termotivasi oleh kebutuhan untuk memahami perasaan diri sendiri serta dipahami orang lain, menemukan makna hidup, dan menghindari citra diri yang biasa-biasa saja.
Tipe 5 pengamat
Orang tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk mengetahui segala sesuatu dan alam semesta, merasa cukup dengan diri sendiri dan menjaga jarak, serta menghindari kesan bodoh atau tidak memiliki jawaban.
Tipe 6 pencemas
Orang tipe termotivasi oleh kebutuhan untuk mendapatkan persetujuan, merasa diperhatikan, dan terhindar dari kesan pemberontak.
Tipe 7 petualang
Tipe termotivasi oleh kebutuhan untuk merasa bahagia serta merencanakan hal-hal menyenangkan, memberi sumbangsih pada dunia, dan terhindar dari derita dan dukacita.
Tipe 8 pejuang
Tipe pejuang termotivasi oleh kebutuhan untuk dapat mengandalkan diri sendiri, kuat, memberi pengaruh pada dunia, dan terhindar dari kesan lemah.
Tipe 9 pendamai
Para pendamai dimotivasi oleh kebutuhan untuk menjaga kedamaian, menyatu dengan orang lain dan menghindari konflik.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment