Monday, December 3, 2012

BAB 4


HASIL DAN TUJUAN
INDOMILK
1.     Tujuan
  1. Menganalisis perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk susu steril UHT
  2. Menganalisis segmentasi pasar berdasarkan aspek psikografis.
  3. Melakukan positioning produk susu steril UHT berdasarkan preferensi dan persepsi konsumen.
  4. Merekomendasikan strategi pemasaran berdasarkan segmentasi, targeting dan positioning.
2.     Spesifikasi Produk


Susu cair steril INDOMILK adalah susu steril siap minum dan dikemas dalam botol plastik transparan yang kedap udara. Diformulasikan sesuai untuk anak dalam usia pertumbuhan 3 - 12 tahun. Produk ini memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi kesehatan tulang , yaitu Triple Bone Care (Kalsium, Fosfor dan Vitamin D) dan Kolin. Susu cair steril INDOMILK juga diperkaya dengan Vitamin A, B1, B6 dan D3 untuk membantu pemenuhan gizi sehari-hari. Keseluruhan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik anak.

Disamping memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, susu cair steril INDOMILK juga memiliki rasa yang sangat disukai oleh anak-anak dan seluruh keluarga sehingga saat minum susu menjadi menyenangkan Para ahli di INDOMILK membuat beraneka rasa susu cair steril dengan aroma dan rasa yang begitu nikmat, tanpa kesan eneg setelah minum susu.  Kenikmatan rasa ini akan terasa lebih sempurna bila susu cair steril INDOMILK disajikan dalam keadaan dingin.

Keunggulan susu cair steril INDOMILK adalah sistem pengawetan yang alamiah tanpa bahan pengawet sintetis, tepatnya dengan menggunakan pemanasan suhu tinggi untuk membunuh mikroorganisme yang ada dalam susu. Kemasan kedap udara yang digunakan membuat susu cair steril INDOMILK dapat disimpan cukup lama sampai batas kadaluarsa yang tercetak pada botol.

Selain tersedia dalam kemasan satuan, susu cair steril INDOMILK juga tersedia dalam kemasan multipak berisi 4 botol yang lebih ekonomis dan praktis dibawa kemana-mana. Di samping itu, susu cair steril INDOMILK juga dilengkapi dengan sedotan steril untuk menjamin kebersihannya. Susu cair steril INDOMILK tersebar luas hampir di seluruh Indonesia.
Produk Pesaing
No
Merek
Top Brand Indeks
2007 (%)
2008 (%)
2009 (%)
2010 (%)
1.
Indomilk
21,8
28,1
29,4
23,4
2.
Ultra Milk
29,3
24,5
28,3
29
3.
Frisian Flag
20,1
25,3
22,7
23
4.
Milo
8,3
6,3
5,9
7
5.
Real Good
6,8
8,6
4
4,5
6.
Bear Brand
4
-
2,5
4
7.
Milkuat
6
2
2,7
3,1

Berdasarkan tabel diatas selama empat tahun berturut-turut yaitu tahun 2007, 2008, 2009 dan 2010 merek “Indomilk” masuk ke dalam jajaran top three dan menempati posisi pertama untuk kategori susu cair dalam kemasan beserta merek “Ultramilk” dan “Frisian Flag”. Namun, di tahun 2010 merek “Indomilk”. Mengalami penurunan top brand index sebesar 6% sehingga menjadikan merek Indomilk tidak lagi menempati posisi pertama karena direbut oleh merek Ultramilk. Penurunan top brand index sebesar 6% dan direbutnya posisi pertama oleh merek Ultramilk tentunya mengindikasikan adanya masalah pada ekuitas merek Indomilk.

No comments:

Post a Comment